ASSALAMUALAIKUM

Selasa, 27 Desember 2016

Psikologi Pendidikan

Psikolgi pendidikan
Pengertian Psikologi Pendidikan
Pengertian Psikologi
Asal kata Psyche = jiwa & logos = ilmu, Ilmu jiwa
Dakir (1993), ilmu yang membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan
Muhibbinsyah (2001), ilmu pengetahuan yang mempelajari tl terbuka & tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok dalam hubungannya dengan lingkungan
Psikologi: ilmu pengetahuan yang mempelajari tl manusia baik sebagai individu maupun kelompok dlm hub dengan lingkungannya. Tl berupa tl yang tampak maupun tidak tampak, yang disadari maupun tidak.

Objek psikologi yang berupa TL sangat luas sehingga dalam perkembangannya dikelompokkan atas dasar bidang antara lain:
•Psikologi perkembangan
•Psikologi Pendidikan
•Psikologi Sosial
•Psikologi Industri
•Psikologi Organisasi
•Psikologi Klinis, dll.

Pengertian Psikologi Pendidikan
•Witherington (1978), studi sistematis tentang proses-proses dan faktor yang berhubungan dg pendidikan manusia
•Sumadi Suryabrata (1984), pengetahuan psikologi mengenai anak didik dalam situasi pendidikan
•Elliot dkk (1999), penerapan teori-teori psikologi untuk mempelajari perkembangan, belajar, motivasi, pengajaran dan permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan
•Kesimpulan, psikologi pendidikan: ilmu yang mempelajari penerapan teori-teorim psikologi dalam bidang pendidikan

Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan
•Pada dasarnya psikologi pendidikan mempelajari seluruh tingkahlaku manusia yang terlibat dalam proses pendidikan
•Manusia yang terlibat dalam proses pendidikan adalah guru dan siswa maka objek yang dibahas dalam psikologi pendidikan adalah Tingkahlaku siswa yang berkaitan dengan proses belajar dan tingkahlaku guru dalam proses pembelajaran
•Objek utama psikologi pendidikan adalah masalah belajar dan pembelajaran


Sumbangan psikologi pendidikan thd teori & praktik pendidikan
•Proses pembelajaran akan disesuaikan dengan karakteristik siswa.
•Pemahaman alami aktivitas belajar di dalam kelas.
•Pembelajaran akan bervariasi karena adanya pemahaman perbedaan individual
•Memahami metode mengajar yang efektif digunakan sebagai pendidik & pengajar

Sumbangan psikologi pendidikan thd teori & praktik pendidikan
•Guru mampu memahami problem anak didik dan sebab-sebab timbulnya problem
•Memahami faktor yang menjadi penyebab timbulnya mental tidak sehat & membantu memecahkan
•Penyusunan kurikulum, harus memperhatikan prinsip-prinsip psikologi

Manfaat praktis Psikologi Pendidikan
• Praktik penanaman aturan dan kedisiplinan
• Penggunaan audio visual atau alat belajar
• Pembuatan jadwal
• Penanganan administrasi sekolah dan kelas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar